Berita

SLB Autisma YPPA Padang Menjadi Sekolah Kolaborasi dalam Program Kemenkeu Mengajar 7

Ditulis Oleh : Rini Yanty, S.Pd


slbautisma-yppapadang.sch.id - Salah satu program Kementerian Keuangan yang masih dijalankan sampai tahun ini dan sudah menginjak tahun ke tujuh  dengan semangat bangkit dari pandemi. Kemenkeu Mengajar hadir dalam menyebarkan semangat kolaborasi pendidikan untuk negeri dalam bentuk edukasi tentang keuangan Negara.  Kemenkeu Mengajar di sekolah-sekolah umum dan sekolah khusus baik negeri maupun swasta mulai dari tingkat SD/SMP/SMA/SLB.

 

SLB Autisma YPPA Padang terpilih sebagai sekolah kolaborasi dalam program Kemenkeu Mengajar di tahun 2022 ini, dengan model pengajaran luring/tatap muka. Waktu pembelajaran pada hari mengajar yaitu selama 1 hari/minimal 150 menit. yang akan dilaksanakan pada hari Senin/28 November 2022.

 

Kemenkeu Mengajar merupakan kegiatan kerelawanan mengajar oleh para pegawai Kementerian Keuangan yang tersebar di seluruh Indonesia melalui kegiatan mengajar bersama selama 1 hari.

 

Sebelum kegiatan dilaksanakan panitia Kemenkeu Mengajar mengunjungi sekolah kami dalam rangka koordinasi persiapan dan pelaksanaan kegiatan Kemenkeu Mengajar 7. Kemenkeu Mengajar mengunjungi kelas dan melihat proses belajar mengajar yang sedang dilaksanakan guru dan berdiskusi dengan guru tentang trik-trik dalam mengajar dan berkomunikasi dengan anak berkebutuhan khusus autis.

 

Kemenkeu Mengajar memaparkan materi tentang keuangan negara dan berbagai profesi di kementerian serta nilai-nilai dan semangat yang ada di kementerian  keuangan melalui PPT yang dibuat menarik dan metode bermain peran dalam memperkenalkan profesi di kementerian seperti  peran sebagai petugas pajak, petugas bendaharawan, dan petugas bea cukai.

 

Tentunya  ini menjadi tantangan tersendiri bagi Kemenkeu Mengajar  peserta didik autis, namun dengan persiapan yang baik dan bantuan guru, kegiatan ini dapat berjalan lancar dan siswa menikmati pembelajaran ini. Relawan juga menularkan nilai-nilai dan semangat di dalam Kementerian Keuangan kepada para siswa serta berbagi kisah tentang mimpi anak negeri. Pembelajaran ditutup dengan sebuah permainan pohon harapan. Siswa membuat harapan  dengan bimbingan panita beserta guru untuk menempelkan harapan pada pohon harapan yang disediakan.

 

Akhir kegiatan panitia Kemenkeu Mengajar melakukan refleksi dengan mewawancarai kepala sekolah, guru dan siswa yang didampingi guru tentang kegiatan Kemenkeu mengajar. Kami berharap tahun depan kegiatan ini tetap terlaksana dan memprioritaskan SLB sebagai sekolah kolaborasi bagi Kemenkeu mengajar, sehingga sekolah luar biasa  merasakan manfaat sebagai sekolah kolaborasi yaitu sarana mendapatkan pemahaman dan pengetahuan  mengenal anggaran APBN, tugas dan fungsi serta berbagai profesi di kementerian keuangan. Sebagai wujud implementasi pendidikan penguatan karakter dan program merdeka mengajar.

SK SATGAS COVID-19

SOP PROTOKOLER COVID-19

DAPODIKMEN

Video SLB Autisma YPPA Padang di Guru Keliling RRI

YPPA SUMBAR

Gedung Sekolah

Kontak

Alamat :

Jl. Garuda II Kel. Andalas

Telepon :

081267609887

Email :

slbautisma.yppapadang@gmail.com

Media Sosial :

Kepala Sekolah dan Majelis Guru

Layanan

April 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30