Berita

Hatta Rinandi Hafal 26 Surah Alquran Diterapi di SLB Autisma YPPA Padang


SlbAutisma-YppaPadang.sch.id - Hatta Rinandi siswa penyandang autis di SLB Autisma YPPA Padang diketahui memiliki gejala autis oleh orangtuanya semenjak berusia 2 tahun. Hatta diterapi di SLB Autisma YPPA Padang pada usia 5,5 tahun, tepatnya 9 tahun yang lalu. Berbagai upaya dilakukan orangtuanya, agar Hatta meraih kemajuan, salah satunya dengan menambah jadwal terapi di sekolah, di rumah, dan mendatangkan tenaga ahli fisioterapi. 

Di SLB Autisma YPPA Padang, Hatta mengikuti  program terapi, dimulai dari terapi individual, transisi TK, sampai ke kelas klasikal. Saat ini Hatta duduk di bangku kelas VII  SMPLB.  


Seiring berjalannya proses terapi di SLB Autisma YPPA Padang, Hatta menujukkan perkembangan yang bagus. Saat ini Hatta telah memiliki keterampilan di bidang musik. Ia juga telah memiliki berbagai jenis keterampilan mengecat rumah, mencuci mobil dan motor, dan membantu pekerjaan orangtua. 

Dengan melakukan berbagai kegiatan di sekolah dan memanfaatkan waktu luangnya di rumah untuk berbagai aktivitas keterampilan, membuat Hatta menjadi lebih tenang dan makin bisa mengendalikan diriPerilaku tantrum, marah, berteriak tanpa sebab, menyakiti diri sendiri, teman dan guru, berlahan-lahan hilang.

Selain itu, orangtua dan guru di SLB Autisma YPPA Padang juga sangat bangga pada Hatta, karena saat ini ia mampu baca Alquran dan hafal 26 surah Alquran

Cara guru di SLB Autisma YPPA Padang dalam mengajarkan Hatta agar mampu membaca Al-Qur’an iaitu dengan metode Iqra, menggunakan vidio, dan mendengarkan audio murotal Alquran secara berulang-ulang, sehingga Hatta jadi hafal. Hatta juga belajar mengaji dan mengetahui segala sesuatunya dari menonton YouTube. Kecenderungan Hatta meniru apa yang dilihat dan didengarnya membuat dia lebih cepat memahami, terutama untuk hal-hal yang memang disukainya.


Hatta bisa mencapai perkembangan seperti sekarang ini tentunya tidak terlepas dari kerjasama orangtua dengan guru, saling bahu membahu, sehingga dapat mengembangkan segala kelebihan yang dimiliki Hatta. 

Menganalisa progress yang diraih Hatta, dapat kita ilhami bahwa yang mendukung keberhasilan SLB Autisma YPPA Padang dalam memberikan terapi pada Hatta, diantaranya; faktor inteligensi, berat ringannya autis yang disandangnya, usia saat diterapi, intensitas terapi, dan komitmen keluarga. (*)

SK SATGAS COVID-19

SOP PROTOKOLER COVID-19

DAPODIKMEN

Video SLB Autisma YPPA Padang di Guru Keliling RRI

YPPA SUMBAR

Gedung Sekolah

Kontak

Alamat :

Jl. Garuda II Kel. Andalas

Telepon :

081267609887

Email :

slbautisma.yppapadang@gmail.com

Media Sosial :

Kepala Sekolah dan Majelis Guru

Layanan

April 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30