
KOLABORASI EVAPBER ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SLB AUTISMA YPPA PADANG
Ditulis Oleh : Rini Yanty, S.Pd
Langkah-Langkah
dalam Pelaksanaan Kolaborasi Evaluasi Belajar Bersama Orang Tua dalam Masa
Pembelajaran Tatap Muka Terbatas :
A.
Perencanaan
Kepala sekolah membuat perencanaan dengan
guru tentang pembelajaran yang dipersiapkan untuk peserta didik sehubungan
dengan kolaborasi EVAPBER orang tua di masa PTMT.
Adapun persiapan kolaborasi EVAPBER meliputi :
A. Persiapan
a. Persiapan guru
Guru menyiapkan program
pembelajaran/PPI
b. Persiapan kepala sekolah
- Menyiapkan
instrumen pembelajaran guru, Instrumen keterlibatan orang tua dan instrument pengamatan belajar peserta didik di rumah
c. Persiapan orang tua
- Menyiapkan ruangan belajar yang nyaman bagi anak
Sasaran kolaborasi EVAPBER :
Sasaran 1 peserta didik autis dengan
komorbit/ gangguan penyerta lain Sasaran 2 peserta didik dengan gradasi autis sedang dan berat
Sasaran 3 peserta didik autis rentan
dengan penyakit
Sasaran 4
peserta didik autis dengan domisili yang jauh dari sekolah
B. Pelaksanaan
Dalam pelaksanaan ini EVAPBER ini kepala sekolah melakukan hal-hal sebagai berikut :
a. Mengisi instrument pengamatan tentang pembelajaran yang dilakukan oleh guru
b. Mengisi instrument keterlibatan orang
tua
c. Mengisi instrument Instrumen
pengamatan belajar peserta didik di rumah.
d. Membuat catatan tentang hal-hal yang
diamati.
e. Melakukan diskusi dengan guru dan
orang tua
C. Evaluasi
Kepala Sekolah mengevaluasi keterlaksanaan
program oleh guru dan keterlaksanan
program pembelajaran di rumah oleh orang tua dalam kolaborasi EVAPBER.
Instrumen Pengamatan Proses Pembelajaran
No |
Indikator |
Ya |
Tidak |
1 |
Guru menyiapkan program pembelajaran |
|
|
2 |
Guru mampu membuka pembelajaran dengan baik |
|
|
3 |
Guru menjalankan pembelajaran sesuai program |
|
|
4 |
Guru menyiapkan media pembelajaran |
|
|
5 |
Guru memberikan penguatan terhadap respon siswa |
|
|
6 |
Guru cepat tanggap dalam mengatasi kondisi anak saat
pembelajaran (marah-marah, teriak,tantrum/menyakiti diri sendiri dan orang
lain) |
|
|
7 |
Guru melakukan evaluasi |
|
|
8 |
Guru mengakhiri pembelajaran dengan baik |
|
|
Instrumen Keterlibatan Orang Tua
No |
Indikator |
Ya |
Tidak |
1. |
Orang tua kooperatif dalam memberikan informasi
tentang anak |
|
|
2. |
Orang tua ikut terlibat memperhatikan proses PBM
yang sedang berlangsung |
|
|
3. |
Orang tua menyediakan peralatan yang dibutuhkan
untuk PBM |
|
|
4. |
Orang tua konsisten melanjutkan pembelajaran di
rumah |
|
|
5. |
Orang tua memberikan masukan |
|
|
6. |
Orang tua terlibat dalam penetapan program yang
sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik |
|
|
7. |
Orang tua memahami mulai dari perencanaan, pelaksanaan
sampai evaluasi pembelajaran |
|
|
8. |
Orang tua menyediakan ruangan belajar yang nyaman |
|
|
Instrumen Pengamatan terhadap Belajar Peserta Didik di Rumah
No |
Indikator |
Ya |
Tidak |
1. |
Anak kurang bersemangat dalam belajar |
|
|
2. |
Anak kurang merespon instruksi yang diberikan |
|
|
3. |
Munculnya stimulasi diri yang berlebihan |
|
|
4. |
Anak marah/ teriak |
|
|
5. |
Anak tidak tenang saat belajar |
|
|
6. |
Anak
mencari perlindungan saat belajar |
|
|
7. |
Anak
ingin mengakhiri pembelajaran dengan segera |
|
|
D. Tindak lanjut
1. Orang tua melakukan pembelajaran
mandiri di rumah.
2. Orang tua menjalankan program sesuai
dengan hasil asesmen dengan guru.