
Pendekatan Home Visit untuk Peserta Didik SLB Autisma YPPA Padang di Masa Pandemi Covid-19
Ditulis
oleh Rini Yanty, S. Pd
SlbAutismaYppaPadang.sch.id - Proses
pembelajaran di SLB Autisma YPPA Padang selama pandemi dilakukan dengan model
blended, meliputi; daring, luring (home visit) dan tatap muka. Pembelajaran melalui daring mengalami
berbagai kendala, dan kurang efektif bagi anak berkebutuhan khusus, termasuk
anak autis dan anak dengan kelainan ganda. Namun bagi sebagian orangtua yang
memilih pembelajaran daring untuk anaknya tetap kami layani.
Di
samping itu, SLB Autisma YPPA Padang juga melakukan home visit (kunjungan ke
rumah) siswa, sehingga guru dapat mengetahui kondisi siswa maupun keluarganya, umtuk
mengevaluasi program anak bersama orangtua, demi mengetahui progress serta melakukan
pembelajaran, sehingga orangtua juga dapat melihat proses belajar yang
dilakukan guru untuk melanjutkan program Belajar dari Rumah (BdR)
Kunjungan
rumah dilakukan secara berkala dan terjadwal, yang tentunya sebelum itu sudah
adanya konfirmasi pada orangtua. Guru yang melakukan kunjungan rumah harus memperhatikan
protokoler kesehatan. Banyak informasi yang diperoleh dalam pelaksanaan home
visit, termasuk kendala yang dihadapi orangtua selama mendampingi siswa belajar
di rumah.
Apapun
pendekatan yang dipakai di masa pandemi ini yang penting sasaran untuk tetap
membelajarkan siswa dapat tercapai hendaknya. (*)