
Pentingnya Maintenance bagi Siswa di SLB Autisma YPPA Padang
Ditulis oleh : Sandika Kurnia Umi, S.Pd
slbautisma-yppapadang.sch.id - Maintenance adalah tahapan program setelah anak mampu menguasai suatu instruksi.
Maintanance
mempunyai peran penting dalam proses kemajuan belajar siswa autis karena
maintenance ini merupakan tindakan pengulangan kembali/pemeliharaan program
yang sudah dikuasai anak. Hal ini membuat anak semakin ingat dan paham dengan
program yang telah dikuasainya, karena sebagian dari anak autis memiliki
keterbatasan dalam hal mengingat kembali program yang sudah lulus. Untuk itu
maintenance hal yang harus dilaksanakan dalam tata laksana peilaku.
Maintenance
harus dilakukan secara terus menerus mengingat adanya siswa yang lebih cepat
dari siswa lainnya dalam menguasai suatu konsep, jika sempat telat melakukan
maintenance program bisa jadi menumpuk dan bisa saja dalam sesi belajar guru
hanya melakukan maintenance saja.
Di
sekolah maintenance dilakukan oleh guru dan di rumah dengan orang tua. Maintenance yang dilakukan
oleh guru dengan melihat program yang sudah dikuasai oleh siswa. Program yang sudah lulus tersebut dimasukkan
dalam map maintenance. Maintenance ini guru mengulang kembali program-program
yang sudah dikuasai anak. Maintenance
ini dilakukan ada yang setiap hari, ada pula yang dilakukan sekali seminggu
oleh koordinator. Maintenance/pengulangan yang dilakukan oleh koordinator ini
bisa dilakukan jika anak sudah tiga kali pertemuan berturut-turut mendapat nilai
AAA atau +++ (lulus) yang hasil presentasi skor perolehanya minimal 80% selama
tiga kali pertemuan berturut-turut .
Maintenance
yang dilakukan oleh orang tua di rumah adalah hasil rekap program yang sudah
lulus yang sudah dibuat oleh koordinator di sekolah. Dengan melihat rekap dari
guru orang tua akan lebih mudah melakukan maintenance. Orang tua dapat melakukan maintenance sesuai dengan yang
diajarkan oleh guru. Misalnya program yang sudah lulus adalah identifikasi
anggota tubuh, maka di rumahpun orang tua bisa memeliharanya. Melalui
maintenance akan membuat anak semakin paham dengan konsep. Cara melakukan
maintenance berlaku untuk semua program ABA yang sudah dikuasai anak.
Program
yang sudah lulus/dikuasai siswa dimasukkan dalam map maintenance karena dengan
adanya map maintenance ini dapat melihat tingkat penguasaan siswanya terhadap
program ABA yang sudah dikuasai anak. Dalam map maintenance ini guru dapat
melihat progress siswa apakah siswa benar- benar menguasai program yang sudah
lulus atau siswa lupa dengan program yang telah lulus.
Maintenance
ini diberikan kepada siswa pada setiap tingkat kurikulum yang siswa pelajari.
Semakin banyak program yang sudah dikuasai anak maka semakin banyak pula file maintenance
yang akan dilakukan oleh coordinator dan orang tua. Dengan ini membuat anak semakin
paham dan menguasai program ABA yang dipelajarinya yang membuat anak semakin
siap untuk masuk ke sekolah regular.