
Kolaborasi Permainan Monopoli dalam Meningkatkan Pengenalan Uang Siswa SLB Autisma YPPA Padang
Ditulis oleh : Rosmadawati, S.Pd
Selama
manusia masih hidup, selama itu pula manusia akan selalu membutuhkan dan
menggunakan uang untuk memenuhi keperluan sehari-harinya. Agar dapat
menggunakan uang pada aktivitas ekonomi
sehari-hari maka perlu dipelajari
tentang kegunaan uang dan bagaimana cara menggunakan uang tersebut.
Di
sekolah SLB Autisma YPPA Padang, kemampuan anak untuk mengenal uang dan nilai
mata uang berbeda-beda, ada anak yang paham dengan nilai nominal mata uang tapi
anak tidak mampu untuk menggunakannya dalam kegiatan berbelanja , ada juga anak
yang tidak mengenal nilai mata uang dan kegunaan dari uang tersebut.
Ada
siswa yang mengalami kesulitan dalam
penggunaan uang, yang dimaksudkan penggunaan uang disini adalah penggunaan uang
untuk membeli atau membayar kebutuhan sehari-hari mereka seperti membeli jajan. Mereka sulit untuk mengetahui besaran nilai
nominal uang dan perhitungan nilai transaksi pembayaran uang. Ini dikarenakan
siswa mengalami keterbatasan dari segi kognitif. Untuk memberikan pengetahuan
dan keterampilan tentang uang di SLB Autisma YPPA Padang siswa diajarkan
melalui media permainan monopoli.
Pengetahuan
dan keterampilan tentang uang ini diberikan kepada siswa agar mereka nantinya
dapat melakukan aktivitas ekonomi seperti berbelanja dengan benar. Permainan
monopoli merupakan salah satu permainan yang dalam aturan mainnya menggunakan
uang, dadu sebagai alat penentu giliran bermain, dan papan yang terdapat gambar
tempat yang akan disinggahi pemainnya.
Permainan
monopoli tersebut, memungkinkan siswa untuk belajar dengan lebih menyenangkan
dan mampu meningkatkan kemampuan penggunaan uang karena didalamnya terdapat
strategi siswa untuk belajar menghitung uang belanja dan sisa uang kembalian
belanja.