Sastra

Penanganan Hari2 Pertama dalam Membentuk Kepatuhan Siswa di SLB Autisma YPPA Padang

Ditulis Oleh : Rini Yanty, S.Pd


slbautisma-yppapadang.sch.id - Istilah hari-hari pertama dalam penanganan anak autis bukan berarti berlangsung sehari  saja namun setiap anak melalui hari-hari pertama dengan waktu yang berbeda-beda. Bisa sampai hitungan bulan, mingguan atau hari saja dengan golnya  anak sudah mampu duduk tenang,  patuh, tidak lagi menolak dalam artian ingin keluar, menangis, mengamuk, agresif/menyerang, melukai diri sendiri selama sesi belajar atau perilaku yang tidak wajar lainnya sebagai senjata untuk menghentikan belajar.

Berbagai perilaku yang ditampilkan anak tersebut di atas semua itu jangan sampai anak memperoleh gagasan untuk menghentikan kegiatan, sesi ini harus tetap dapat meningkatkan/membangun  kepatuhan secara konsisten, melatih duduk dan mengikuti arahan-arahan dari guru. Apapun kondisi yang terjadi guru tidak boleh kalah dari anak, karena ini sangat menentukan langkah selanjutnya.

Dalam penanganan hari-hari pertama ini harus ada komitmen yang kuat antara guru dengan orang tua agar nantinya pihak keluarga tidak menjadi bagian yang bisa mengganggu/merusak program yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Pengalaman kami dalam penanganan hari-hari pertama ini adanya sebagian orang tua yang tidak mempunyai kesiapan sehingga secara sepihak terkadang menarik anaknya dari sekolah,  memindahkan anak mereka ke sekolah lain sehingga hal ini sangat merugikan/menghambat perkembangan anak. Anak harus berkali-kali menyesuaikan diri dengan sekolah baru,  guru baru akibat berpindah-pindah sekolah. Untuk perlu adanya sosialisasi  dari sekolah dengan orang tua tentang  kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dalam penanganan hari-hari pertama ini.

Dalam penenganan hari-hari pertama ini guru bersama tim identifikasi asesmen dapat mendalami peserta didik kita dengan memperhatikan karakteristik, hal-hal yang yang disukai ataupun yang tidak disukai anak, kecendrungan minatnya serta gejala perilaku/stimulasi yang muncul, yang sangat penting untuk menetapkan program yang tepat sesuai kebutuhan mereka. Sebagai guru kita harus siap dengan segala perilaku yang akan muncul dan guru tetap memberikan kesan yang baik sehingga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi si anak meski situasinya tidak disukai  anak.

Bagi peserta didik yang berusia di bawah 5 tahun tahap awal jangan membawa anak langsung ke dalam kelas. Bawa mereka ke ruangan yang mereka sukai, bangun kepercayaan anak terhadap gurunya, jangan ada paksaan, ciptakan suasana belajar sambil bermain. Perkenalkan dengan mainan dan mengajak anak bernyanyi bersama guru.

Hari-hari pertama ini akan banyak menguras tenaga, emosi anak dengan berbagai macam penolakan yang mereka lakukan. Adapun hal-hal yang diperhatikan dalam penanganan hari-hari pertama diantaranya : buat jam belajar yang menyenangkan dan menarik, berikan imbalan/pujian, variasikan tugas dan bermain, jam belajar singkat (5-10 menit) dengan istirahat yang sama panjang, jam belajar tingkatkan secara bertahap. (*)

SK SATGAS COVID-19

SOP PROTOKOLER COVID-19

DAPODIKMEN

Video SLB Autisma YPPA Padang di Guru Keliling RRI

YPPA SUMBAR

Gedung Sekolah

Kontak

Alamat :

Jl. Garuda II Kel. Andalas

Telepon :

081267609887

Email :

slbautisma.yppapadang@gmail.com

Media Sosial :

Kepala Sekolah dan Majelis Guru

Layanan

Oktober 2025

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31