
Pentingnya Belajar Musik bagi Siswa SLB Autisma YPPA Padang
Ditulis Oleh : Prima Hari, S.Pd
slbautisma-yppapadang.sch.id - Musik merupakan sarana yang berpengaruh bagi setiap individu untuk mengembangkan kreativitas seni. Belajar musik juga dapat menjadi sarana yang efektif untuk menyalurkan emosi dan ekspresi setiap individu. Akan tetapi pengenalan seni musik di sekolah belum cukup bagi mereka yang ingin mempelajari musik lebih dalam. Hal ini dipengaruhi oleh keterbatasan waktu dan sarana.
Ketika kita bicara memainkan alat
musik, mungkin pikiran kita cenderung mengarah pada alat musik yang
menghasilkan melodi seperti piano, gitar atau biola. Sangat jarang kita
langsung memikirkan bermain musik, mengingat posisi bermain musik selalu berada
di belakang pada setiap penampilan pertunjukan, melihat orang dewasa bermain musik
tentu sudah biasa. Tapi kalau memainkan alat musik adalah anak kecil tentu
menarik dan luar biasa. Bermain musik pada anak berkebutuhan khusus dapat
meningkatkan kecerdasan anak karena dengan bermain musik mereka dapat
menggerakkan seluruh anatomi tubuhnya.
Dalam kehidupan sehari-hari beberapa dari fungsi musik yang sering
ditemukan antara lain, musik yang berkaitan dengan media hiburan dan musik yang
berkaitan dengan kesenian atau adat suatu daerah. Akan tetapi dalam
kenyataanya, musik juga sangat berfungsi untuk kesehatan. Musik dan kesehatan
memiliki kaitan erat, dan tidak diragukan bahwa dengan mendengarkan musik 2
kesukaan, seorang siswa akan
mampu terbawa ke dalam suasana hati yang baik dalam waktu singkat. Musik juga
memiliki kekuatan untuk mengobati penyakit dan meningkatkan kemampuan pikiran
seorang siswa. Ketika musik diterapkan menjadi sebuah terapi, musik dapat
meningkatkan, memulihkan, dan memelihara kesehatan fisik, mental, emosional,
sosial dan spiritual.
Begitu pula musik yang berkaitan dengan pendidikan. Musik sangat
membantu dalam mengoptimalkan kecerdasan anak dan memberikan pengaruh positif
terhadap kepribadian seorang anak yaitu membangun kepercayaan diri pada anak.
Musik juga sangat dapat menumbuhkan perkembangan kemampuan seperti bekerja dalam tim, berkomunikasi, sikap
menghargai, berpikir kreatif, perilaku tenang, imajinasi, kemampuan dalam
belajar dan disiplin. Oleh karena itu, pendidikan musik perlu diberikan sejak
dini. Begitu pula halnya dengan pembelajaran musik pada anak yang memiliki
kebutuhan khusus (Anak Berkebutuhan Khusus).
Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki kelainan khusus
baik itu kelainan fisik, mental maupun perilaku sosial. Secara pendidikan memerlukan layanan yang spesifik yang berbeda dengan
anak-anak pada umumnya, karena anak berkebutuhan khusus ini memiliki apa yang
disebut dengan hambatan belajar dan hambatan perkembangan seperti dalam belajar
music mereka memili kemampuan yang
berbeda-beda pula. Oleh karena itu anak berkebutuhan khusus memerlukan layanan pendidikan
yang sesuai dengan hambatan belajar dan hambatan perkembangan yang dialami oleh
masing-masing anak.