Sastra

Peran Penting Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik SLB Autisma YPPA Padang

Ditulis Oleh : Asnitawati, S.Pd

Slbautisma-yppapadang.sch.id - Tugas  pokok seorang guru mulai dari merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan menindaklanjuti pembelajaran, tentulah sangat memahami kekuatan, kelemahan maupun potensi yang dimiliki masing-masing peserta didiknya. Dalam prosesnya  mereka mengikuti dan menyerap materi pembelajaran  bervariasi, ada yang cepat dan ada juga yang lambat. Peserta didik autis dengan gangguan yang komplek sangat mempengaruhi  mereka dalam menyelesaikan suatu program. Sebagian bisa dengan cepat, namun sebagian lagi  membutuhkan waktu dalam menuntaskan materi, bahkan adanya kendala lain dalam menyelesaikan kurikulum.

Guru dengan pengalaman mengajarya dapat mengamati dan merefleksi pembelajaran yang telah dilakukannya. Guru  akan terus belajar dan belajar bagaimana agar siswa yang mengalami kesulitan tersebut dapat progress. Metode yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa. Salah satu faktor lambatnya progres siswa autis  adalah perhatian yang cepat beralih, kurang focus dan asyik dengan diri sendiri.  

Berdasarkan pengalaman guru adanya siswa yang lambat  saat  mempelajari program Bahasa Reseptif. Pada tahap ini siswa melakukan kegiatan menunjuk gambar, ketika instruksi tunjuk gambar direspon siswa dengan menunjuk gambar tanpa melihat material teaching yang ada di atas meja. Hasilnya gambar yang ditunjuk siswa  tidak sesuai dengan instruksi yang diberikan. Masalah-masalah yang muncul dalam belajar akan menjadi catatan  guru, apabila siswa belum ada kemajuan dalam waktu yang cukup lama, maka guru dapat mencari cara lain agar siswa lebih paham. Berikut ini ada beberapa upaya yang dilakukan guru sehubungan dengan refleksi pembelajaran terhadap masalah yang dihadapi siswa :

1.  Mengasesmen kembali program siswa

2. Mengganti dengan materi lain yang benar-benar dibutuhkan siswa saat ini dengan mempertimbangkan kemampuan dan kebutuhannya, dan menjemput kembali program tersebut di waktu lain.

3. Menyiapkan program kebutuhan khusus yang tepat sesuai dengan perkembangannya.

4. Menggunakan pendekatan ataupun media.

Guru dapat mencari informasi ke orangtua untuk  mengetahui kebiasaan siswa dalam belajar. Komunikasi ini diharapkan dapat menemukan solusi atau cara  tepat bagi guru  dalam melakukan perbaikan pembelajaran. Bagaimanapun kerjasama antara guru dan orangtua sangat diperlukan dalam mengejar keterlambatan mereka. Guru mempunyai tanggung jawab agar siswanya berhasil dalam mengikuti berbagai kegiatan. Misalnya dari hasil komunikasi diketahui siswa lebih tertarik belajar dengan laptop. Melalui media ini ternyata siswa tersebut mampu mengetik nama buah/binatang dan mencarinya. Kenapa tidak kita cobakan  belajar dari hal-hal yang mereka sukai. Siswa yang biasanya  menunjuk gambar, mulai kita cobakan dengan cara mengetik nama gambar di laptop. Meskipun kadangkala siswa masih suka terbalik dalam mengetik hurufnya, tentu proses ini membutuhkan latihan dan bimbingan continue, dengan adanya perhatian siswa pada huruf dikeyboard  sudah merupakan suatu awal yang baik. Ketertarikan siswa terhadap media  akan mempermudah pemahaman terhadap suatu konsep.

Guru yang kreatif, pantang menyerah dan tidak cepat putus asa akan terus melakukan penelitian tindakan kelas (PTK)  sampai menemukan ide demi kemajuan siswa. Mengajar tidak hanya berdiri di depan kelas, namun lebih kepada proses itu sendiri dengan refleksi pembelajaran menuju perbaikan mutu pendidikan. Harapan indah seorang guru ketika siswa mampu  menggeneralisasikan sesuatu yang diperolehnya di sekolah dalam kehidupan nyata. (*)

SK SATGAS COVID-19

SOP PROTOKOLER COVID-19

DAPODIKMEN

Video SLB Autisma YPPA Padang di Guru Keliling RRI

YPPA SUMBAR

Gedung Sekolah

Kontak

Alamat :

Jl. Garuda II Kel. Andalas

Telepon :

081267609887

Email :

slbautisma.yppapadang@gmail.com

Media Sosial :

Kepala Sekolah dan Majelis Guru

Layanan

Oktober 2025

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31