Sastra

Pendekatan Sensori Integrasi di SLB Autisma YPPA Padang

Ditulis oleh : Rini Yanty, S.Pd

Slbautisma-yppapadang.sch.id - Dalam memberikan pelayanan terhadap peserta didik autis ada beberapa pendekatan yang bisa kita berikan. Salah satu pendekatan yang dijalankan di SLB Autisma YPPA Padang yakni pendekatan sensori integritas. Sebelum memberikan pelayanan ini terlebih dahulu dilakukan asesmen yang menyangkut permasalahan sensori yang mereka alami.

Proses ini sangat perlu melibatkan orang tua untuk mengetahui sensori profil masing-masing siswa. Guru dan orang tua sebaiknya mengenali lokasi sensori yang dialami anak.. Melalui asesmen yang dilakukan dapat diketahui apakah siswa kita mengalami masalah taktil, propiosepif , vestibular ataupun masalah lainnya, sehingga kita dapat memberikan treatmen yang tepat dalam penanganannya.

Pendekatan sensori integrasi merupakan metode dengan cara memberikan stimulasi dari berbagai macam sensori seperti visual, pendengaran, penciuman, pengecapan, rasa raba, rasa sendi dan keseimbangan. Hasil yang diharapkan dari pendekatan ini anak mampu melakukan adaptasi dengan lingkungan.

Gangguan sensori interitas yang dialami peserta didik autis meliputi : otak tidak mampu menerima rangsangan, otak mampu menerima rangsangan tapi tidak konsisten, otak mampu menerima rangsangan tetapi tidak proposional.

Setiap anak memiliki respon ataupun persepsi yang berbeda terhadap rangsangan yang diterimanya. Makin berat masalah sensori seorang anak autis, maka prioritas pendekatan ini lebih banyak diberikan. Kondisi yang makin membaik dari permasalahan sensori yang dialami anak, maka akan semakin baik pula pelaksanaan tata laksana perilakunya.

Pengalaman kami sebagai guru anak autis, bahwa dalam pemberian pendekatan sensori integrasi ini , anak tidak boleh dipaksa, harus dilakukan senatural mungkin, anak dalam keadaan santai. Banyak diantara mereka yang ketika dibawa ke rungan sensori mereka seperti orang ketakutan, menangis berteriak teriak, dan belum ada ketertarikan dengan segala peralatan yang ada di rungan tersebut. Jika belum memungkin anak untuk di treatmen saat itu bisa dilakukan lagi di jadwal lain.

Bagi siswa yang sudah besar maka guru dapat melakukan sensori interasi ini secara berkolaborasi dengan permainan-permainan yang melibatkan beberapa orang siswa. Permaianan tersebut bisa melatih gerakan motorik kasar, motorik halus, latihan keseimbangan, ataupun melatih visual mereka. Permainan ini juga memupuk kerjasama, kekompakan dan semangat bersaing secara positif.

Dalam sensori integrasi hendaknya memperhatikan hal-hal seperti :

1. Aktifitas bervariasi melibatkan beberapa sistim sensori

2. Biarkan anak aktif dan menyediakan kondisi anak bebas bermain

3. Lingkungan yang sesuai dengan level perkembangan

4. Sensori harus memberikan rasa aman pada anak

5. Pemberian umpan balik

SK SATGAS COVID-19

SOP PROTOKOLER COVID-19

DAPODIKMEN

Video SLB Autisma YPPA Padang di Guru Keliling RRI

YPPA SUMBAR

Gedung Sekolah

Kontak

Alamat :

Jl. Garuda II Kel. Andalas

Telepon :

081267609887

Email :

slbautisma.yppapadang@gmail.com

Media Sosial :

Kepala Sekolah dan Majelis Guru

Layanan

September 2025

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30