Sastra

Guru Latihkan Teknik Identifikasi Angka bagi Siswa SLB Autisma Yppa Padang

Ditulis oleh Sandika Kurnia Umi, S.Pd

Slbautisma-yppapadang.sch.id - Salah satu pendekatan yang digunakan di SLB Autisma YPPA adalah pendekatan Applied Behavior Analisis, atau yang lebih dikenal dengan tata laksana perilaku denga program terapi terstruktur yang berfokus mengajarkan seperangkat keterampilan khusus untuk anak-anak dengan autis. Kurikulum ABA meliputi basic curiculum (kurikulum awal), intermediate curiculum (kurikulum menengah), advance curriculum ( kurikulum lanjut). Program Kurikulum awal meliputi: Kemampuan mengikuti tugas, kemampuan imitasi, kemampuan bahasa reseptif, Kemampuan bahasa ekspresif, kemampuan pre ademik  dan kemampuan bantu diri. Kemampuan pre akademik menunjuk angka ini diberikan kepada siswa jika mereka sudah melalui tahapan-tahapan prasyarat di atas yang harus dikuasai anak.  Kemampuan pre akademik ini diberikan kepada anak sebelum anak memasuki pendidikan SD inklusi/reguler.

Pengenalan konsep bilangan pada usia dini sangat penting karena akan memberikan kemudahan dalam mengikuti proses pendidikan lebih lanjut, terutama pada pelajaran matematika. Salah satu cara mengenalkan konsep bilangan dengan mengunakan kartu angka. Kartu angka merupakan salah satu media yang digunakan dalam mengenalkan matematika pada usia dini. Kartu angka adalah kartu yang merangsang kemampuan numeric, yaitu symbol, konsep, pembilangan, media angka, permaianan hitungan, dan jumlah angka. Dengan menggunakan kartu angka dapat menyalurkan rangsangan berfikir, perhatian serta minat dalam belajar matematika anak. Mengingat peserta didik kita ABK dengan gangguan autis maka untuk mengajarkan konsep angka, memerlukan tekhnik mengajarkan  identifikasi angka.

 

TEKNIK MENGAJARKAN IDENTIFIKASI ANGKA

A.   Tahap 1 A

1.    Siapkan perhatian siswa dengan memanggil namanya dan instruksikan lihat.

2.    Lakukan inisial prompt (guru membantu siswa menunjuk angka 1 terlebih dahulu)

3.    Berikan instruksi lihat dengan menarik perhatian siswa ke material teaching yang ada di atas meja.

 

   

 

 

4.    Tahap 1 A hanya muncul 1 buah kartu, posisi di tengah meja.

Guru memberikan instruksi tunjuk angka 1. Anak menunjuk angka 1 harus melihat posisi kartu.

Instruksi ini dilakukan sebanyak 4 x instruksi, jika siswa mampu menunjuk dengan benar lakukan repeat/pengulangan. Lanjutkan dengan switch/pengalihan ke program yang sudah dikuasai. Terakhir lakukan switchback/kembali ke instruksi semula.

5.    Berikan penguatan setiap kali siswa berespon benar.

6.    Jika pada instruksi pertama siswa tidak mampu menunjuk dengan benar, lakukan prompt/bantuan.

7.    Jika instruksi pertama sudah diprompt, berarti siswa tidak bisa lanjut ke tahap berikutnya.

8.    Hari berikutnya guru masih pada tahap 1 A.

 

           

I A 

 

B.   Tahap 1 B

Tahap 1 B : tetap satu buah kartu yang muncul lakukan rotasi acak keseluruh permukaan meja. Guru memberikan instruksi tunjuk angka 1. Sambil merotasi posisi kartu angka. Anak menunjuk kartu angka harus melihat ke posisi kartu Kegiatan menunjuk disini siswa betul-betul menunjuk kartu dengan menggunakan telunjuk. Langkah-langkah pelaksanaannya sama dengan tahap 1 A.

 

                                                            

 1B

Untuk bisa pindah ke tahap 2A, anak terlebih dahulu harus lulus dalam tahap 1 A dan 1B

 

C.   Tahap 2A

Tahap 2A : kartu angka yang muncul 2 buah kartu berfungsi sebagai pembanding kartu. Posisi kartu tetap di tengah meja, namun kartu angka diacak posisi kiri dan kanan meja tetap ditengah meja. Guru memberikan instruksi tunjuk angka 1, angka 2 hanya sebagai pembanding/pengalihan. Anak menunjuk angka 1 harus melihat ke kartu angka

                      

                                                                                       2 A

 

D.   Tahap 2 B : kartu yang dimunculkan tetap 2 buah kartu yaitu angka1 dan angka 2, dilakukan rotasi acak posisi.

Guru memberikan instruksi tunjuk angka 1 sambil mengacak posisi keseluruh permukaan meja.

             

2 B

Pada tahap ( 2 B kartu yang sudah dimunculkan pada tahap 1 A ) penilaian harus mengikuti kriteria kelulusan, yaitu minimal 80%, 3 sesi berturut-turut . Langkah pelaksanaannya sama dengan pada tahap 1A. (*)

SK SATGAS COVID-19

SOP PROTOKOLER COVID-19

DAPODIKMEN

Video SLB Autisma YPPA Padang di Guru Keliling RRI

YPPA SUMBAR

Gedung Sekolah

Kontak

Alamat :

Jl. Garuda II Kel. Andalas

Telepon :

081267609887

Email :

slbautisma.yppapadang@gmail.com

Media Sosial :

Kepala Sekolah dan Majelis Guru

Layanan

Oktober 2025

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31