
Tips Melipat Pakaian bagi Peserta Didik Autis di SLB Autisma YPPA Padang
Melatih keterampilan melipat pakaian pada peserta didik autis merupakan kegiatan penting yang menunjang pengembangan kemandirian dan keterampilan hidup sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan metode pengajaran yang memenuhi kebutuhan khusus mereka.
Untuk membuat latihan melipat pakaian lebih menarik bagi peserta didik autis, berikut ada beberapa tips yang dilakukan:
- Memotivasi dengan visual: Gunakan gambar perbandingan antara pakaian rapi dan tidak rapi untuk memotivasi siswa.
- Demonstrasi bertahap: Contohkan cara melipat pakaian langkah demi langkah dengan sabar dan konsisten.
- Gunakan alat bantu: Pertimbangkan penggunaan alat bantu seperti Flip Fold yang terbuat dari karton atau buku tulis untuk membuat melipat baju lebih cepat dan mudah.
- Memulai dengan yang mudah: Mulailah dengan melipat sapu tangan atau kaos kaki. Jika menggunakan sapu tangan, berikan tanda garis vertikal dan horizontal sebagai panduan lipatan.
- Jadikan permainan: Jadikan kegiatan melipat pakaian sebagai permainan meniru.
- Pujian dan penghargaan: Berikan pujian saat peserta didik selesai mengikuti tahapan melipat pakaian. Memberikan umpan balik positif dapat memperkuat perilaku yang diinginkan. Berikan pujian setiap kali peserta didik berhasil menyelesaikan tahapan melipat pakaian.
- Konsistensi dan kesabaran: Lakukan latihan secara rutin dan konsisten, serta bersabar dalam membimbing peserta didik. Jika peserta didik lelah atau bosan, jangan dipaksa untuk melanjutkan.
- Libatkan peserta didik dalam memilih pakaian: Biarkan peserta didik memilih pakaian yang akan dilipat.
- Ciptakan suasana menyenangkan: Putar musik kesukaan peserta didik atau sambil bercerita selama kegiatan melipat pakaian.
- Fokus pada proses: Hargai setiap usaha peserta didik, bahkan jika hasilnya belum sempurna.
Melipat pakaian dapat memberikan sejumlah manfaat bagi peserta didik autis, diantaranya :
- Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus: Keterampilan melipat pakaian dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik halus.
- Melatih Konsentrasi: Melipat pakaian membutuhkan konsentrasi yang baik kegiatan ini dapat membantu peserta didik untuk lebih fokus.
- Meningkatkan Kemampuan Bina Diri: Latihan melipat pakaian membantu peserta didik dalam mengembangkan keterampilan dasar yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari, seperti merawat pakaian mereka sendiri. Dengan belajar melipat pakaian, peserta didik dapat menjadi lebih mandiri dalam merawat diri mereka sendiri, yang pada gilirannya dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka.
- Melatih Tanggung Jawab dan Kemandirian: Melalui aktivitas sederhana seperti melipat pakaian sendiri, peserta didik dilatih untuk belajar mandiri sejak dini. Ini juga menstimulasi rasa kepemilikan terhadap benda-benda, sehingga akan berusaha dengan lebih baik untuk menjaganya tetap rapi pada tempatnya.
- Keterampilan Hidup Sehari-hari: Melipat pakaian adalah aktivitas penting untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan hidup sehari-hari yang mandiri.
Setiap peserta didik berbeda kemampuan dan motivasi dalam belajar, maka perlu guru mencari tips agar tujuan pembelajaran tercapai. Karena keterampilan melipat pakaian merupakan salah satu kegiatan bina diri yang bermanfaat bagi peserta didik terutama peserta didik perempuan. Tips ini membantu guru dan peserta didik untuk sama-sama melakukan kegiatan belajar dengan baik dan menyenangkan.
Penulis: Siti Nurrahmah, S.Pd