Artikel

Guru Latih Motorik Kasar Siswa SLB Autisma YPPA Padang

 Ditulis oleh : Elsiwati, S. Pd

Slbautisma-yppapadang.sch.id - Perkembangan  motorik  kasar  adalah “Kemampuan  anak  untuk  melakukan  sesuatu yang mengandalkan gerakan tubuh. Gerakan tersebut akan melibatkan otot-otot besar, berupa keseimbangan dan koordinasi antar anggota tubuh, seperti tangan, perut dan kaki. Perkembangan motorik  merupakan aspek perkembangan penting yang harus distimulasi pada anak, karena ini nantinya dapat  menentukan  keterampilan anak  dalam bergerak  dan melakukan aktivitas fisik  dalam  kehidupan sehari-hari.

Selain menjaga keseimbangan tubuh, latihan motorik kasar berguna  untuk melatih kekuatan otot anak. Kekuatan otot yang sudah terbiasa dilatih secara tidak langsung membantu anak mengembangkan kemampuan sekaligus menjaga keseimbangan tubuhnya.

Gerakan motorik kasar adalah merupakan merupakan pondasi yang kuat dalam mendukung aktivitas bermain, belajar dan bersosialisasi serta membangun rasa percaya diri pada anak, dan juga menjadi dasar untuk mengembangkan kemampuan kognitifnya, jika kemampuan sudah baik maka anak akan lebih nyaman bergerak dan lebih percaya diri dalam melakukan suatu kegiatan.

Kegiatan meniru motorik kasar ini terdapat pada kurikulum awal, setelah siswa tersebut melalui prasyarat seperti latihan kontak mata. Berikut item-item gerakan yang dilatihkan.

-melambai

-tangan  keatas

-tepuk tangan

-besidekap

-rentangkan tangan

-jalan ditempat

-melompat

-berlari

-berjalan

-merangkak

-berputar

-menggosok kedua telapak tangan

-tolak pinggang

-menepuk perut

-menepuk bahu

-menutup muka dengan kedua telapak tangan

-mengangguk

-mengetuk meja

-terbang seperti pesawat

Program bahasa reseptif meniru motorik kasar ini tidak semua item di atas harus dilatihkan  kepada siswa namun berdasarkan hasil asesmen dan yang fungsional. Dalam prosesnya sebelum memberikan instruksi kepada siswa, guru melakukan inisial promt/promt di awal  terlebih dahulu, jika anak tidak berespon maka guru dapat memberikan promt/bantuan atau jika anak mampu namun belum tepat gerakannya maka guru memberikan promt setengah. Apabila siswa mampu meniru dengan tepat gerakan yang dilakukan guru, maka guru harus memberikan penguatan, agar siswa cendrung mengulang perilaku yang benar.

Dalam  melatih perkembangan motorik kasar ini terlebih dahulu guru mempersiapkan kosentrasi dan kefokusan siswa, agar siswa nantinya dapat meniru apa yang dimodelkan guru. Disini guru memberikan instruksi ke siswa dengan kata “TIRU” sambil memperagakan, dan siswa  bereaksi untuk meniru apa yang dimodelkan oleh guru.

Tujuan pengembangan  motorik kasar ini diberikan kepada anak adalah untuk memperkenalkan dan melatih gerakan kasar, meningkatkan kemampuan mengelola, mengontrol gerakan tubuh dan koordinasi. Latihan motorik kasar ini penting diberikan kepada anak agar dapat membantu anak  dalam beraktivitas sehari-hari dan merawat dirinya sendiri. Contohnya “Dalam  memakai celana”yang memaksa anak untuk berdiri dengan satu kaki,kegiatan makan, kekamar kecil dan lain-lain. (*)

SK SATGAS COVID-19

SOP PROTOKOLER COVID-19

DAPODIKMEN

Video SLB Autisma YPPA Padang di Guru Keliling RRI

YPPA SUMBAR

Gedung Sekolah

Kontak

Alamat :

Jl. Garuda II Kel. Andalas

Telepon :

081267609887

Email :

slbautisma.yppapadang@gmail.com

Media Sosial :

Kepala Sekolah dan Majelis Guru

Layanan

Oktober 2025

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31