Berita

Tips bagi Orang Tua dalam Mengajar Anak Autis Belajar di Rumah

Ditulis oleh : Puput Deswita, S.Pd


slbautisma-yppapadang.sch.id - Mendampingi anak autis belajar di rumah memang harus lebih sabar dari pada anak pada umumnya. Walaupun demikian, kita sebagai orang tua tidak boleh patah semangat dan harus selalu memberikan perhatian ekstra pada anak yang memiliki gangguan autism. Mempercepat progress anak tidak terlepas dari keterlibatan orang tua. Untuk itu apapun kondisinya orang tua harus ikut terlibat sebagai tim untuk mengajar anak autis di rumah. Orang tua perlu mengetahui cara mendampingi belajar anak dengan autism agar menunjang tumbuh kembangnya dan membantunya beraktivitas secara mandiri.

Orang tua yang memiliki anak autism harus memilki pendekatan terbaik dalam mendidik anaknya. Saat konsultasi di sekolah dengan guru terkadang orang tua merasa bingung bagaimana cara melakukan pembelajaran di rumah. Orang tua harus perlu memastikan bahwa setiap kegiatan yang dilakukan akan bermanfaat sekali bagi anak. Maka dari itu, orang tua harus terus memperkuat dirinya untuk tetap mengajarkan anak di rumah.

Idealnya pembelajaran untuk anak dengan autism dilakukan selama 30-40 jam seminggu. Selain pembelajaran di sekolah bersama guru, anak autis perlu melakukan pembelajaran di rumah bersama orang tua. Berikut tips bagi orang tua dalam mengajar anak autis belajar di rumah :

1. Belajar di rumah dibuatkan jadwal rutinnya, sehingga tanpa disadari belajar akan menjadi kebutuhan bagi anak. Rutinitas belajar harian ini sangat penting dan membuat mereka menjadi terbiasa. Berikan rutinitas yang harus anak lakukan secara terus-menerus. Cara ini dapat melatih mereka menjadi bertanggung jawab pada jam tertentu.

2. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi anak.

Suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna merupakan factor yang menunjang anak untuk lebih fokus ketika belajar di rumah.

3. Selalu menjalin komunikasi dengan guru mengenai program yang diajarkan di rumah sehingga sejalan dengan program yang diajarkan di sekolah.

4. Berbagi pengalaman dengan guru di sekolah tentang pengalaman mengajar baik pengalaman guru maupun pengalaman orang tua.

5. Menyamakan persepsi tentang program yang diajarkan

6. Membangun komitmen keluarga bahwa apapun yang terjadi dalam belajar tidak membuat anak untuk mencari perlindungan dan menghentikan belajar.

7. Melakukan tindak lanjut dalam pembelajaran

 

Selain itu komunikasi antara orangtua dan guru dapat dijadikan sebagai sarana pengenalan guru kepada orangtua agar terjalin kedekatan antara orangtua dan guru sehingga membantu perkembangan pembelajaran anak disekolah. Ketujuh tips tersebut perlu diterapkan oleh orang tua dalam mengajarkan anak belajar di rumah.



SK SATGAS COVID-19

SOP PROTOKOLER COVID-19

DAPODIKMEN

Video SLB Autisma YPPA Padang di Guru Keliling RRI

YPPA SUMBAR

Gedung Sekolah

Kontak

Alamat :

Jl. Garuda II Kel. Andalas

Telepon :

081267609887

Email :

slbautisma.yppapadang@gmail.com

Media Sosial :

Kepala Sekolah dan Majelis Guru

Layanan

Juli 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31